Puasa Miniatur Kehidupan Manusia

Wisatahati - Puasa merupakan salah satu ibadah yang dijalankan oleh umat Islam di seluruh penjuru dunia, arti puasa adalah menahan diri dari apapun yang membatalkan puasa mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari atau lebih tepatnya mulai subuh hingga maghrib tiba.

Saat berpuasa kaum muslimin tidak makan, tidak minum, tidak boleh berhubungan dengan istrinya serta menjaga diri dari perbuatan dosa. Jika kita renungkan ternyata puasa merupakan gambaran dari kehidupan ini, berikut gambaran persamaan antara puasa dengan kehidupan : 


Puasa itu terbatas, ada awal ada akhir
Subuh merupakan waktu dimulainya puasa, dan maghrib merupakan waktu berakhirnya puasa, ini berarti bahwa Allah memberikan batasan puasa, bahwa puasa itu tidak selamanya ada awal dan akhirnya, begitu pula kehidupan manusia di muka bumi ini diawali dengan kelahiran dan diakhiri dengan kematian, Allah memberikan batasan pula masa aktif manusia di dunia ini, terbatas !

Puasa itu menahan
Sebagaimana orang yang berpuasa menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal yang membatalkannya, begitu pula kehidupan dunia ini kita juga diberikan sekian peraturan dalam bingkai syariat-Nya sehingga kita bisa menahan kesabaran dalam menjalankan kewajiban yang telah ditetapkan dan menahan diri untuk tidak melakukan apa yang telah dilarang-Nya.

Kebahagiaan saat berbuka
Sesuatu yang paling dinanti oleh orang yang berpuasa adalah adzan Maghrib yang menjadi pertanda berakhirnya lapar dan dahaga setelah seharian ditahan, seteguk air akan terasa sangat nikmat bagi orang yang berpuasa, hal ini tidak adakan dirasakan oleh orang yang saat berpuasa tergoda oleh iklan minuman segar misalnya lalu membatalkan puasanya, bisa dipastikan saat adzan maghrib tidak akan pernah merasakan kebahagiaan orang berpuasa.

Begitu pula hidup di dunia ini, saat ajal mendekat bagi orang-orang yang selama ini taat menjalankan ibadah kepada-Nya justru sangat merindukan karena hal itu merupakan saatnya berbuka setelah menjalani puasa kehidupan, berbeda halnya bagi orang yang selalu menuruti hawa nafsunya ibarat ia tidak berpuasa, saat hari terakhir tiba tidak akan merasakan kebahagiaan sebagaimana orang-orang yang taat.


Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula. (QS. az-Zalzalah: 7 – 8)

Puasa Miniatur Kehidupan Manusia Puasa Miniatur Kehidupan Manusia Reviewed by WISATA HATI on Maret 25, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD

home ads